Melangkah Untuk Terus Maju

Minggu, 29 Maret 2015

Perpustakaan Nasional Berkisah

Foto di depan Perpustakaan Nasional RI

Hai pembaca yang baik, jangan lupa berdoa dulu sebelum melanjutkan baca yah, agar mendapatkan keberkahan setelah membaca postingan ini. Dan mantapkan diri dulu agar tidak kecewa setelah membacanya.

Dalam postingan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia. Siapa sih yang tak kenal Perpustakaan Nasional RI ini? Hampir semua orang mengenalnya. Bagi yang belum mengenalnya mungkin bisa sedikit mengenalnya melalui postingan saya kali ini. Oh ya... dalam kisah ini adalah kami “Backpackers Librarian” dari ALUS.

Perpustakaan Nasional

Perpustakaan ini adalah gedung megah delapan lantai, yang terlihat kokoh. Kami berjalan menuju gedung megah itu. Kulihat terdapat beberapa mobil Perpustakaan Keliling berjajar rapi di depan gedung Perpustakaan Nasional, mungkin saat itu belum waktunya untuk melaksanakan tugasnya menemui sang pencari ilmu. Kulihat juga kalimat elok “Perpustakaan Sebagai Wahana Belajar Sepanjang Hayat”. Sungguh kalimat yang bermakna dalam.

Kami memasuki ‘wahana belajar sepanjang hayat’ itu, relief nan indah menyambut kami di sana. Ia adalah relief elok berbentuk buku yang berisi ukiran kebudayaan-kebudayaan dan kekayaan-kekayaan alam di Indonesia serta corak-corak lain yang menggambarkan Ilmu Pengetahuan. Menengok ke sebelah kiri terdapat kios perpustakaan yang berisi buku-buku terbaru dan yang populer serta terdapat pernak-pernik yang di jual disitu. Melihat lebih jauh terdapat antrean pendaftaran anggota perpustakaan dan juga pembuatan kartu anggota. Beberapa dari kami mendaftar anggota ditempat dengan komputer yang telah disediakan.

Setelah selesai, kami bergerak menuju sisi yang lain, tepatnya sebelah kanan setelah masuk. Disitu terdapat dua Buku Tamu (perlu diketahui, ini tidak berbentuk buku melainkan komputer), terdapat juga petugas-petugas Locker dan lemari-lemari Locker yang cukup besar. Kami menaruh barang yang tidak diperlukan diperpustakaan.

Bagian-bagian Perpustakaan Nasional

Dekat dengan Locker terdapat Ruang Serial, Lantai 1 : Layanan Majalah, Surat Kabar dan Jurnal Mutakhir. Selanjutnya Lantai 2, untuk naik menggunakan lift, terdapat dua unit lift. Latai 2 berisi Katalog baik Katalog Online dan Katalog Tercetak, terdapat banyak meja baca yang cukup nyaman, memasuki bagian yang lain dari Lantai 2  terdapat Ruang Koleksi Peta dan Lukisan, ruang ini memiliki katalog tersendiri. Kami melanjutkan ke Lantai 3, di sini kita dapat menemukan Koleksi Ilmu Sosial dan Humaniora di Ruang B dan Ilmu Terapan diruang C. Selanjutnya Lantai 4, di sini terdapat dua ruang yakni Ruang IV B adalah Layanan Koleksi Audio Visual dan Ruang IV C adalah Layanan Koleksi Referensi, Penelitian dan Tesis. Kami beranjak ke Lantai 5 didalamnya terdapat koleksi buku-buku langka dan manuskrip. Selanjutnya adalah Lantai 6 disini adalah tempatnya buku-buku tua. Untuk Lantai 7 disini terdapat Koleksi Majalah-majalah langka. Dan lantai terakhir Lantai 8 ini spesial, naiknya tidak memakai lift seperti di lantai-lantai sebelumnya, di sini koleksinya Surat Kabar-Surat Kabar Langka.

Disetiap ruangnya terdapat Pustakawan yang selalu siap sedia untuk melayani pemustaka, perlu diketahui bahwa untuk mengambil koleksi perpustakaan, pemustaka tidaklah mengambilnya secara langsung di rak, namun pustakawanlah yang mengambilkannya. Pemustaka cukup mengajukan koleksi yang diinginkan.

Karena waktu kami yang terbatas pada saat itu, maka hanya demikianlah yang dapat disajikan dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa juga mungkin suatu saat nanti dapat berkunjung ke PERPUSNAS ini, agar dapat mengenalnya lebih dalam atau bahkan mungkin akrab seperti sahabat yang tak pernah lepas. Cukup sekian dan terima kasih Pembaca yang budiman.


Berikut adalah beberapa foto yang diambil di Perpustakaan Nasional RI ini:



































0

0 komentar :

Posting Komentar